Ruang Tamu Bertema Klasik

woodbrickstone – Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah bangunan rumah. Ruang yang khas menunjukkan jati diri pemilik adalah tempat menjamu teman, kerabat, dan tetangga yang datang berkunjung. Selain sebagai tempat menerima tamu, ruang yang tampil sesuai gaya pemilik rumah ini juga sering digunakan untuk menyelenggarakan acara-acara tertentu dalam skala kecil, seperti halnya pesta ulang tahun sampai dengan kegiatan arisan.

Dalam kebiasaan kebanyakan orang berfikir bahwa ruang tamu hanya terdiri dari sebuah meja dan beberapa kursi atau sofa. Atau ruang tamu biasa berada di bagian paling depan rumah sesudah halaman, atau berbatasan dengan halaman sehingga terlihat oleh orang yang lewat depan rumah, tempat raja dalam istilah jawanya harus ditata sebaik mungkin.

Bagaimana Ruang Tamu

Karena ini sebuah ruang yang bisa menjadi kesan pertama seseorang pada rumah tersebut. Jika ruang tamu kelihatan semrawut, orang akan menilai yang sama pada bagian rumah yang lain bahkan akan menciptakan kesan yang juga sama sehingga orang akan menilai si pemilik rumah adalah orang yang berantakan dan malas. Ruang tamu harus ditata sebaik mungkin dan disesuaikan dengan desain atau tema keseluruhan rumah.

Mengenai tema dalam desain rumah, merupakan hal yang sangat menarik. Karena menerapkan sebuah desain rumah akan membuat rumah kita terlihat indah dan terkonsep tentu saja menuntut kita lebih kreatif dalam menentukkan tata letak barang-barang furniture. Selain itu, saat ini juga terdapat begitu banyak jenis desain yang bisa kita pilih. Ada sebagian orang biasa lebih suka desain minimalis degan simpel dan kerapiannya. Tetapi jika kita menginginkan hal berbeda pada rumah, bisa memilih desain klasik dan sedikit kesan vintage.

Rumah mengusung gaya klasik biasanya identik bangunan rumah mewah dan besar menggunakan ukiran bergaya jepara dengan ornament jendela dan pilar-pilar yang tinggi. Mari kita mencoba membuang fikiran itu jauh-jauh, melihat pada kenyataan tidak semua desain klasik harus berkaitan dengan rumah besar, mewah, dan ukiran disana-sini. Nah, desain rumah klasik dapat dibuat dengan cara lain adalah menempatkan beberapa barang yang memiliki desain kuno atau antik di dalam ruangan rumah kita, salah satu aplikasi adalah di ruang tamu. Selain itu cara lain untuk membuat ruang tamu dengan desain klasik, berikut ini beberapa seni menata ruang tamu dengan desain klasik :

Tips Menata Ruang Tamu Klasik

Konsep Rumah

Konsep terlebih dahulu rumah kita dan seting tata letaknya dahulu. Siapkan furnitur yang menunjang sesuai dengan tema yang kita usung. Misalnya kita menggunakan furnitur yang berbahan kayu, keramik dengan corak unik, kulit atau marmer yang unsur klasiknya dapat terlihat. Jika kita ingin membuat sentuhan klasik murni disarankan untuk menggukan furnitur berbahan kayu ukir dengan model klasik.

Tata Lampu

Tata lampu dalam sebuah ruangan adalah sangat vital. Untuk itu memilih lampu yang menimbulkan kesan warna natural, seperti lampu bercahaya putih atau cahaya kuning dan coklat. Dengan tata lampu berwarna demikian efek klasik akan semakin terlihat.

Hati-Hati Dalam Memilih Hiasan

Hati-hati dalam memilih hiasan ruang, karena menempatkan hiasan memengaruhi visualisasi konsep klasik yang diusung. Klasik juga bisa didapat jika kita menggunakan hiasan lukisan, guci, lampu duduk kuno, atau rak buku berukir. Ukiran batu yang dipahat juga dapat disisipkan namun tata letaknya harus tetap diperhatikan.

Pilih Barang Yang Sesuai

Untuk furniture, kita bisa memilih jenis yang memiliki desain vintage atau oldiest. Jika sofa yang kita pilih maka desainnya yang memiliki lengan dengan sedikit aksen ukiran, atau jika kita memilih kursi kayu jati yaitu jenis kursi dengan warna gelap dari tekstur kayunya, sehingga memberikan kesan klasik.

Kang Nardie

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *