Rumah Tradisional Jawa Panggang-Pe

woodbrickstone РArti kata Panggang adalah dipanaskan di atas bara api, sedangkan pe berarti dijemur di atas tanah di panas terik matahari. Sedang istilah rumah Panggang-Pe dipakai untuk memberi nama rumah yang berbentuk persegi panjang dengan denah minimal dan atap terdiri dari satu sisi miring saja,  bentuknya pun sangat sederhana.

Rumah yang biasanya oleh masyarakat pedesaan digunakan yang baru mengawali bahtera rumah tangga ini menunjukkan kelas atau strata ekonomi atau sosial penghuninya. Panggang-Pe sebenarnya adalah istilah alat penjemur barang-barang seperti irisan tembakau, daun teh, pati, ketela pohon, dan lain sebagainya atau media untuk keperluan produksi masyarakat pedesaan.

Fungsi Guna Rumah Jawa Tipe Panggang-Pe

Selain sering digunakan untuk bangunan warung, pasar untuk berjualan (bango), rumah sederhana ini juga dugunakan sebagai gubuk ditengah sawah untuk berteduh petani dalam mengusir burung, dan gudang. Sesuai dengan karakternya yang sederhana, kalau rumah ini untuk tempat tinggal ruangan bagian dalamnya pun lebih bersifat sebagai ruang serba guna yang pembagian antar ruangnya menggunakan dinding berupa sekat-sekat seperti anyaman bambu.

Bangunan rumah Panggang-Pe mudah dibuat sehingga bila terjadi kerusakan sangat mudah diperbaiki. Jenis rumah umurnya jauh lebih tua dibandingkan dengan Rumah Kampung ini dapat diklasifikasi menjadi beberapa model seperti disebutkan di bawah ini :

Macam-Macam Bentuk Rumah Panggang-Pe

Bentuk Panggang-Pe Gedhang Selirang

Rumah model cakrik panggang pe gedhang selirang ini sebenarnya merupakan gabungan dua rumah Panggang-Pe. Yang satu, bangunannya lebih tinggi dan yang satunya bangunannya lebih pendek. Caranya membangunnya adalah rumah yang lebih tinggi dibuat terlebih dahulu kemudian setelah berdiri di belakang bangunan pertama tersebut ditambah lagi dengan satu atap yang tiang penyangganya lebih rendah.

Model Panggang-Pe Empyak Setangkep

Rumah cakrik Panggang-Pe empyak setangkep ini juga seperti jenis gedhang salirang. Artinya rumah model ini juga terdiri dari dua rumah Panggang-Pe yang dijadikan satu. Jika pada cakrik jenis gedhang selirang antara rumah satu dengan yang lain tidak sama tinggi, tetapi di model ini keduanya memiliki wujud dan tinngi yang sama. Cara membangunnya adalah kedua rumah panggang pe didirikan berhadapan dan direkatkan (digathukake), kemudian dikuati dengan tiang. Jika dilihat dari jauh, seakan rumah tersebut memiliki bubungan atap (wuwung).

Model Panggang Pe Gedhang Satangkep

Jika diambil dari namanya, rumah cakrik Panggang-Pe gedhang setangkep pasti memiliki hubungan dengan rumah cakrik Panggang-Pe gedhang selirang. Kesimpulan ini memang benar, rumah cakrik Panggang-Pe gedhang setangkep terdiri dari dua buah rumah model Panggang-Pe gedhang selirang. Cara membuatnya hampir sama dengan pembuatan cakrik Panggang-Pe empyak setangkep. Jika di cakrik Panggang-Pe empyak setangkep yang digabung adalah rumah cakrik Panggang-Pe biasa, sedangkan pada cakrik Panggang-Pe gedhang setangkep yang digabung adalan rumah Panggang-Pe gedhang selirang.

Model Panggang-Pe Cere Gancet

Rumah cakrik panggang pe cere gancet ini hampir seperti halnya dengan rumah cakrik panggang pe gedhang setangkep. Keduanya sama-sama terdiri dari gabungan dua buah rumah cakrik panggang pe gedhang selirang. Bedanya jika pada rumah cakrik panggang pe gedhang setangkep yang digabung adalah bagian depan, sedangkan pada cakrik panggang pe cere gancet ini yang digabungkan adalah bagian belakang rumah. Rumah cakrik panggang pe cere gancet ini biasanya digunakan pula sebagai warung makan atau bisa juga digunakan sebagai kandang binatang ( seperti halnya kandang ayam atau kambing, marmot, kelinci, dan lain-lain).

Model Panggang-Pe Trajumas

Bangunan rumah cakrik panggang pe trajumas ini menggunakan tiga buah pengeret. Karena menggunakan tiga pengeret, mestinya membutuhkan enam buah tiang penyangga. Atap yang digunakan di rumah cakrik panggang-pe trajumas ini hanya separo sisi.

Model Panggang-Pe Barengan

Seperti variasi panggang-pe yang lain, rumah cakrik panggang-pe barengan ini juga terdiri dari lebih dari satu rumah cakrik panggang-pe.Rumah-rumah ini didirikan berderet-deret. Jika dilihat dari kejauhan seperti rumah yang sedang mengantre.

Kang Nardie

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *